Cara Untuk Mencegah Sakit Telinga

Pernahkah Anda merasakan nyeri atau sakit pada telinga Anda? Tentunya sakit pada telinga ini akan membuat Anda tidak nyaman dan tidak fokus untuk beraktivitas. Sakit telinga ini dapat muncul secara tiba tiba kemudian hilang atau juga bisa muncul secara permanen. Penyebabnya pun dapat bermacam macam baik disadari ataupun tidak. Untuk menghindari sakit telinga ataupun sakit telinga permanen, Anda perlu mengetahui cara mencegah sakit telinga.

Terdapat beberapa macam sakit telinga yang perlu Anda ketahui agar Anda dapat mencegah sakit telinga. Yang pertama ialah infeksi telinga. Infeksi telinga dapat terjadi akibat adanya kuman kuman yang berada di telinga baik telingan bagian luar, bagian tengah, maupun bagian dalam. Hal ini dapat terjadi karena banyaknya cairan di dalam telinga. Yang kedua ialah kanker telinga. Telinga juga bisa mengalami kanker. Kanker telinga dapat menyerang telinga bagian luar ataupun telinga dalam. Kanker telinga terutama pada bagian dalam akan dapat menyebabkan gangguan pendengaran dan sakit pada telinga.

Dari berbagai jenis penyakit pada telinga, umunya disebabkan oleh hal hal ringan yang di lakukan tanpa sadar. Beberapa penyebab sakit pada telinga Anda perlu Anda ketahui agar dapat mencegah sakit telinga. Beberapa penyebabnya ialah terjadi penumpukan cairan pada telinga. Hal ini sering sekali terjadi pada anak anak. Selain itu, penyebab lainnya ialah infeksi atau peradangan saluran telinga, cidera atau iritasi telinga keran penumpukan kotoran, bisul, infeksi tengorokan, nyeri rahang.

Lalu bagaimana langkah langkah yang tepat untk mencegah sakit telinga? Berikut akan dipaparkan beberapa cara cara yang dapat dilakukan:

  • Sering membersihkan telinga

Serig seringlah Anda membersihkan telinga Anda agar kotoran di dalam telingatidak menyebabkan iritasi atau infeksi. Selain itu, dengan membersihkan telinga juga akan membuat Anda dapat mendengarkan suara dengan baik dan jelas.

  • Hati hati dalam membersihkan telinga

Memang kegiatan membersiihkan telinga memmberikan kenkmatan tersendiri bagi beberapa orang. Saat membersihkan telingan berhati hatilah. Jangan sampai Anda membersihkan telingan hingga bagian telinga karena kemungkinan besar akan membaut gendang telinga Anda rusak.

  • Gunakan bahan yang aman dan bersih

Gunakanlah alat yang bersihi seperti cotton bud. Jangan gunakan alat alat berbahan metal alat alat yang keras dan kotor. Jika Anda merasa cottonbud yang Anda beli tidak memiliki kapas yang cukup sehingga membuat telinga Anda sakit, maka Anda bisa membuatnya sendiri atau menambahkan sedikit kapa pada cotton bud.

  • Lindungi teringa dari air atau serangga

Lindungilah telinga Anda dari air atau serangga terutama saat Anda mandi dan tidur atau bepergian. Sebaiknya gunakan penutup telinga terutama saat angin bertiup kencang

  • Frekuansi membersihkan telinga

Anda juga perlu untuk memperhatikan frekuensi dalam membersihkan telinga. Jangan terlalu sering karena akan membuat telinga Anda terinfeksi namun juga jangan terlalu jaran karena kotoran akan menumpuk.

  • Periksa ke dokter

Jika Anda mengetahui atau merasakan bahwa ada kotoran yang mengeras di dalam telinga Anda, jangan segan untuk memeriksakannya ke doter ahli (Dokter THT). Biasanya dokter akan memberikan esep kepada Anda untuk menggunakan Karbol Gliserin 10% untuk memecahkan kotoran pada telinga Anda. Setelah itu, nantinya kotoran tersebut dikorek dari telinga Anda.